-->

Resep Cara Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap Kuah Kuning

Resep Cara Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap Kuah Kuning - Dagingnya yang tebal, tekstur empuk dengan rasa yang nikmat luar biasa membuat anda ketagihan untuk kembali menikmati gulai kepala ikan kakap. Ya, makanan yang sering disajikan di rumah makan padang atau restoran lainnya ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan ikan-ikan jenis lainnya. Selain itu, sangat jarang ikan dimasak dengan bumbu gulai.

Bagi para penikmat gulai kepala ikan kakap, tidak akan puas kalau makan di rumah makan padang belum menikmat gulai kepala ikan kakap. Bahkan akan kecewa dan mungkin tidak jadi makan kalau menu yang satu ini tidak tersedia di rumah makan padang. Oke, kalau anda mencari gulai kepala ikan kakap di rumah makan padang ternyata tidak ada, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun tentu saja anda harus menyiapkan dulu kepala ikan kakapnya.

Baca Juga : Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali

Bagaimana cara membuat gulai kepala ikan kakap?
Yups, mungkin pertanyaan ini ada dibenak anda. Anda merasa penasaran dengan resep masakan membuat gulai kepala ikan kakap. Anda ingin membuatnya sendiri di rumah agar semua anggota keluarga bisa menikmatinya tanpa harus pergi ke rumah makan padang.

Nah resep membuat gulai kepala ikan kakap kuah kuning yang anda cari ada di depan anda, silakan anda baca dulu. Kalau belum ada bahan-bahannya anda bisa untuk menyimpannya terlebih dahulu, atau juga bisa mencetaknya di printt agar bisa dibawa ke dapur saat memasak. Eit, lupa sekarang kan untuk buka internet gak harus pake laptop atau komputer. Dengan smartphone saja anda sudah bisa membuka berbagai informasi di internet. Jadi anda bisa memsak gulai kepala ikan kakap kuah kuning dengan membaca panduan langsung dari smartphone anda.

Baca Juga : Cara Masak Kepiting Saus Tiram, Dijamin Enak

Resep Cara Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap


Bahan Memmbuat Gulai Kepala Ikan Kakap

Hal pertama yang harus disiapkan untuk memasak gulai kepala ikan kakap tentu adalah bahan-bahannya. Silakan catat bahan-bahanya untuk dijadikan panduan belanja :
  • 2 potong kepala ikan kakap (sesuai keinginan berpa porsi yang akan dibuat)
  • 1000 ml santan kelapa
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1,5 sdt gaaram
  • 2 batang serai dimemarkan
  • 1 sdt gulai pasir
  • 1cm lengkuas
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 lembar daun jeruk

Bumbu halus gulai kepala ikan kakap

  • 10 butir bawang merah
  • 5 buah cabe merah (sesuai selera tingkat kepedasan)
  • 3 siung bawah putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Memasak Gulai Kepala Ikan Kakap

  1. Lumuri kepala ikan kakap dengan air jeruk nipis, aduk-aduk hingga rata dan diamkan kurang lebih 15 menit
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus
  3. Panaskan minyek goreng kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersamaan dengan serai yang sudah dimemarkan, dan daun jeruk hingga tercium bau harum
  4. Masukkan santan, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah
  5. Masukkan kepala ikan kakap ke dalam santan yang sudah mendidih
  6. Teruskan memasak dengan api sedang sampai matang dan santan sudah kelihata berminyak
  7. Angkat dan sajikan untuk keluarga tercinta
Nah itulah resep cara membuat gulai kepala ikan kakap kuah kuning yang sangat sederhana tapi enak luar biasa. Masakan ini akan terasa sangat nikmat apabila disantap dengan nasi putih panas pulen dan temani sambal serta kerupuk. Nyummy...... nikmat dan lezat bangeeeeet........................

Disqus Comments