-->

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk Bumbu Kacang Enak

Resep Cara Membuat Sate Ayam Empuk Bumbu Kacang Enak | Sate ayam bumbu kacang adalah salah satu varian masakan berbahan dasar daging ayam. Ada banyak jenis masakan daging ayam, misal opor ayam, pepes ayam spesial atau yang lainnya. Daging ayam memang enak dimasak dengan berbagaim macam cara, tapi kalau dibuat sate akan didapat rasa yang benar-benar enak dan khas di lidah.

Sate ayam sendiri ada banyak variannya, hal ini dilihat dari bumbu yang dibuatnya. Ada sate ayam sambal kecat dan sate ayam bumbu kacang. Nah pada kesempatan kali ini menu masakan kita adalah sate ayam bumbu kacang. Sajian ini bisa mewarnai suasana silaturahmi di keluarga anda saat lebaran nanti.

Membuat sate ayam bumbu kacang memang sedikit membutuhkan kesabaran, tapi saya yakin anda pasti bisa membuatnya di rumah. Apalagi kalau dibuat dalam suasana kebersamaan dengan seluruh anggota keluarga, maka akan menambah semarak dan hangat keluarga anda.

Baca Juga : Cara Membuat Opor Tahu Campur Telur dan Ceker Ayam

Bahan Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang:

  1. ½ ekor ayam (buang kulit dan tulangnya lalu potong dadu)
  2. 5 sendok makan kecap manis (olesan)
  3. 2 sendok makan margarine (lelehkan, untuk olesan)
  4. 2 buah jeruk limau (jika suka)
  5. Tusukan sate secukupnya

Bahan untuk membuat bumbu kacang:

  1. 350 ml air
  2. 150 gram kacang tanah goreng (haluskan, bisa dengan blender (lebih halus) atau diulek sendiri tapi agak kasar
  3. 5 sendok makan kecap manis
  4. Garam secukupnya
  5. Merica bubuk secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

Bahan yang akan dihaluskan untuk membuat bumbu kacang

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 buah cabai merah
  4. 2 butir kemiri
Pelengkap:
Irisan tomat, irisan cabai rawit, irisan bawang merah, ketupat atau lontong

Baca Juga : Cara Membuat Pepes Ayam Spesial Enak

Cara membuat bumbu kacang sate ayam

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sehingga berbau harum, kemudian masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan sebelumnya dan air, masak sampai mendidih dan terlihat mengental.
Tambahkan merica bubuk, garam, kecap manis lalu aduk hingga rata.

Cara Membuat Sate Ayam Empuk Bumbu Kacang

  • Bersihkan daging ayam, potong-potong sesuai selera kemudian tusuk dengan tusukan sate yang sudah tersedia
  • Selanjutkan silakan campur kecap manis dan margarine menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur secara rata. Setelah itu oleskan pada sate ayam secara merata.
  • Panggang sate ayam di atas bara api sampai setengah matang, kemudian angkat dan celupkan ke dalam bumbu kacang kemudian panggang kembali hingga daging ayam matang dan terlihat berwarna kecoklatan.
  • Hidangkan sate ayam dengan bumbu kacang serta air jeruk limau (jika suka), kemdian lengkapi dengan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabai rawit, dan lontong atau ketupat.
Nah itulah cara  membuat sate ayam empuk bumbu kacang spesial enak, sate ayam ini sudah terkenal dimana-mana dan menjadi makanan paforit bagi sebagian orang. Nah anda juga mungkin adalah orang yang memfavoritkan makanan sate ini, jadi silakan buat di rumah anda sendiri dan semoga keluarga anda semakin bahagian dengan hadirnya menu makanan ini.

Disqus Comments