-->

Resep Membuat Yakiniku Masakan Daging Khas Jepang Halal

Resep Membuat Yakiniku Masakan Daging Khas Jepang Halal | Jepang memang memiliki banyak cerita untuk ditulis. Selain terkenal dengan kemajuan teknologinya teruma teknologi otomotif, Jepang juga terkenal dengan makanan khasnya yang sangat enak. Di Indonesia sendiri ada banyak restoran khas Jepang yang menyajikan makanan-makanan khas Jepang seperti, teriyaki, sushi, tempura, bento, Gyudon, yakiniku dan yang lainnya.

Yakiniku adalah salah masakan jepang dengan bahan dasar daging yang dimasak menggunakan saus spesial. Selain itu yakiniku juga dimasak dengan sedikit campuran alkohol. Bagi anda saudara muslim yang ingin menikmati enaknya yakiniku, namun ragu dengan kahalalan yakiniku yang disajikan di restoran khas Jepang maka ada baiknya anda membuatnya sendiri di rumah. Emang bisa? Bisa kok.

Anda bisa membuat yakiniku masakan daging khas Jepang halal di rumah dengn bahan dan bumbu pilihan anda sendiri. Daging yang anda gunakan bisa menggunakan daging sapi yang terjamin kehalalannya. Lalu bagaimana cara membuat yakiniku daging sapi yang enak? Silakan anda baca artikel ini sampai tuntas.
resep yakiniku daging halal

Cara Membuat Yakiniku Daging Sapi

Bahan Bahan Membuat Yakiniku Daging Sapi

  1. daging sapi yang berkualitas bagus dan masih segar kurang lebih sebanyak 500 gram.
  2. Bawang bombay 100 gram -120 gram kupas dan iris tipis.
  3. Bawang putih ukuran besar kuran lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulitnya lalu potong dan iris kecil dan tipis tipis untuk bahan tumisan dagingnya.
  4. Kaldu ayam untuk memperkuat aroma resep beef yakiniku nya kurang lebih sebanyak 100 cc.
  5. Buah Paprika (bisa berwarna merah atau hijau) ukuran sedang besar satu buah saja. Cuci bersih lalu potong kecil kecil menyamping / iris sebelum dimasak dengan bahan lain.
  6. Minyak wijen kurang lebih sebanyak satu sendok makan.
  7. Minyak goreng secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4-5 sendok makan.

Bahan Untuk Membuat Saus Yakiniku

  1. Bahan utama yang digunakan adalah saus kikkoman atau kecap asin jepang kurang lebih sebanyak 100cc.
  2. Gula pasir sebanyak 50-60 gram.
  3. 7up rasa lemon kurang lebih sebanyak 100cc (pengganti alkohol agar terjamin kehalalannya).
  4. Daun bawang segar, cuci bersih dan potong potong agak memanjang untuk campuran bahan sausnya.
  5. Satu siung bawang putih yang digeprek agar keluar aromanya.
  6. Kecap manis kental kurang lebih sebanyak dua setengah sendok makan.
  7. Wijen kurang lebih 1 sendok makan, dipanggang dulu agar kelaur aromanya.

Cara Membuat Yakiniku Daging Sapi Halal

  • pertama buat dulu sausnya
  • Masukkan saus kikkoman, kecap manis dan 7up ke dalam teflon yang sudah panas kemudian aduk-aduk.
  • Masukkan sisa bahan sausnya, yaitu wijen yang sudah dipanggang, bawang putih yang dikeprek, gula pasir, daun bawang yang sudah dipotong potong lalu aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  • Masak dan sesekali diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih dan matang. Dinginkan sebentar sampai hangat lalu saring kemudian taruh di tempat lain.
  • Sekarang kita memasak daging sapi yang sudah dicincang.
  • Ambil satu wajan lagi lalu masukkan minyak gorengnya. Tunggu sebentar sampai panas.
  • Masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris tipis tipis dan aduk aduk sampai layu dan tercium bau harum.
  • Masukkan buah paprika yang sudah diiris dan aduk aduk sebentar lalu angkat dan sisihkan.
  • Masukkan dua sendok minyak goreng dan satu sendok minyak wijen lagi ke dalam penggorengan atau panci teflonnya. Aduk supaya tercampur dan tunggu minyak sampai cukup panas.
  • Masukkan daging sapi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Aduk aduk sebentar sampai daging berubah warna.
  • Masukkan saus yakinikunya dan kaldu ayam ke dalam wajan diatas. Aduk aduk supaya tercampur rata dan sampai daging sirloinnya matang.
  • Masukkan wijen yang sudah dipanggang sebelumnya dan campuran bawang bombay, paprika dan bawang putihnya. Aduk aduk sebentar supaya tercampur rata lalu angkat dan taruh ke dalam piring sajian.
Demikian cara membuat  yakiniku daging sapi masakan khas jepang yang halal. Dengan membuat masakan ini, maka anda akan merasakan cita rasa masakan Jepang di rumah anda sendiri.

Sumber

Disqus Comments