-->

Resep Cara Memasak Gulai Kikil atau Dengkil Sapi Khas Padang


masakan kikil sapi khas padang

Resep Cara Memasak Gulai Kikil atau Dengkil Sapi Khas Padang | Gulai kikil khas padang adalah salah satu masakan padang yang sangat saya sukai. Namun kikil yang dimaksud di sini bukan kikik yang kita kenal kikil dari kulit yang banyak di jual di pasar. Kikil yang dimaksud adalah kaki sapi atau orang jawa bilang dengkil sapi.

Kaki sapinya juga bukan kaki sapi yang masih segar, bukan hasil olahan seperti kikil kebanyakan apalagi sudah menggunakan bahan pengawet berbahaya seperti borak dan formalin. Kaki sapi atau dengkil sapi yang dimasak adalah kaki sapi yang masih segar sehingga masakan benar-benar enak, lezat dan sehat. 

Masakan gulai kikil sapi khas padang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena banyak megandung kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Tapi tentu saja harus dikonsumsi secara wajar, karena kandungan lainnya seperti lemak dan kolesterol juga bisa membahayakan kesehatan anda jika dimakan berlebih.

Cara Memasak Kikil Sapi Khas Restoran Padang

Bahan-bahan
·       Anda membutuhkan kaki sapi cukup 1 buah saja sudah cukup.
·       4 gelas santan.
·       Selembar daun kunyit.
·       Daun jeruk sebanyak 2 lembar.
·       Asam kadis 2 buah.
·       Dan yang terakhir adalah sebatang serai.

Bumbu yang dihaluskan :

1.     Cabe merah sekitar 1 ons.
2.     Bawang merah dibutuhkan sebanyak 10 siung.
3.     6 siung untuk bawang putih.
4.     Kemiri sebanyak 5 biji.
5.     Kunyit dan laos 1 ruas cukup.
6.     Kemudian garam sesuai selera.

Cara Memasak.
1. Bersihkan kaki sapi dari bulu dan kotoran

2. Potong sesuai selera kemudian rebus sampai empuk
3. Pisahkan kikil dari tulangnya denca cara diiris
4. Sementara anda memotong kikil, siapkan panci yang berisi santan dan bumbu yang sudah di didihkan bersamaan dengan serai, asam kadis serta daun jeruk. 
5. Masukkan kikil yang sudah dipotong-potong ke dalam campuran santan dan bumbu halus yang sudah mendidih tadi. Aduk terus menerus sampai minyaknya keluar untuk menghindari santan pecah.

Nah itulah resep cara memasak gulai kikil sapi khas padang yang enak dan lezat. Dengan ini anda bisa merasakan cita rasa masakan restoran padang di rumah anda sendiri bersama keluarga tercinta. Semoga anda semakin bahagia bersama keluarga tercinta diteman menu spesial buatan sendiri.

Disqus Comments