-->

Cara Membuat Sambal Hijau atau Ijo Khas Padang Yang Enak

Cara Membuat Sambal Hijau atau Ijo Khas Padang Yang Enak | Samabal hijau atau orang jawa bilang sambel ijo adalah sambel khas padang dengan cita rasa unik. Sambal ini sangat lezat dimakan dengan masakan khas padang lainnya yang kental dengan santan. Warna hijau dari cabe hijau yang ditumbuk secara kasar serta baunya yang khas menjadikan sambal ini sangat menggugah selera makan. Apalagi kau disebelahnya sudah tersaji lalaban khas padang juga. Hmmm nyam.....nyam...... uenak tenan.........

Resep cara membuat sambal hijau ini sengaja saya sajikan untuk anda untuk melengkapi menu sebelumnya, yaitu Resep Cara Memasak Gulai Kikil atau Dengkil Sapi Khas Padang. Dengan hadirnya cara membuat sambal hijau khas padang ini maka cita rasa masakan padang benar-benar hadir di rumah anda. Kini untuk merasakan masakan khas padang tidap perlu lagi pergi ke rumah makan padang. Anda bisa menyajikannya sendiri di rumah bersama suami dan anak-anak tercinta.


Cara Membuat Sambal Padang Cabai Ijo enak

Bahan-bahan untuk membuat sambal hijau khas padang :

1. Sediakan cabe hijau ukuran besar sekitar 250 gr yang sudah dibersihkan dari tangkainya.

2. Untuk menambah citarasa pedas, tambahkan cabe rawit sebanyak 50 gr atau sesuai selera.  
3. Bawang merah sebanyak 4 siung dan 2 siung untuk bawang putih.

4. Minyak goreng hanya 3 sdt saja.

5. Tomat hijau 2 buah.

6. Sedikit perasan jeruk nipis.

7. Gula dan garam secukupnya sesuai selera.



Cara Memasak Sambal Hijau Khas Padang.

1. Sebelum memasak pastikan semua bumbu sudah dicuci bersih termasuk cabe yang jumlahnya 250 gr tersebut.

2. Setelah itu potong cabe hijau yang berukuran besar dan cabe rawit dengan potongan kasar.

3. Kukus bahan seperti potongan dua jenis cabe tadi dengan tomat, bawang merah dan bawan putih dalam waktu 5 menit, kemudian angkat.

4. Kemudian bahan yang sudah dikukus tadi ditumbuk bersama sampai benar-benar tersebar merata.
5. Tumis bumbu tumbukan tersebut ke dalam minyak yang sudah panas hingga harum baunya. jangan lupa untuk menambahkan perasan air jeruk, gula, garam ke tumisan bumbu lalu aduk sampai merata. Angkat sambal dari wajan setelah tumisan matang

Nah demikian cara membuat sambal hijau khas padang enak dan citarasa khas. Semoga menambah nafsu makan keluarga anda dan menjadikan suasana keluarga anda semakin hangat.

Disqus Comments